Materi Penjasorkes Kelas 8 Permainan Bola Besar (Sepak Bola)

Permainan sepak bola adalah salah satu olahraga bola besar yang identik dengan permainan bola kaki. Permainan sepak bola dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan. Permainan sepak bola dapat dimainkan di lapangan indoor maupun lapangan outdoor.  Dalam permainan sepak bola, setiap regu terdiri dari 11 pemain yang berada di lapangan dan maksimal 7 pemain cadangan. Tujuan dari permainan sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke gawang  lawan sebanyak-banyaknya dan memenangkan pertandingan.

Manfaat Permainan Sepak Bola

  1. Menambah kesehatan fisik

Dalam permainan sepak bola, anda dituntut berjalan dan berlari untuk mengejar dan menggiring bola agar bisa mempertahankan dan mencetak gol kegawang lawan. Kegiatan ini dapat meningkatkan stamina anda.

  1. Membuat anda menjadi lebih cerdas

Dalam permainan sepak bola, anda tidak hanya menggerakkan fisik saja, tetapi juga menggunakan otak agar dapat memenangkan pertandingan sesuai dengan strategi yang sudah direncanakan. Dan juga dalampermainan sepak bola anda harus berpikir cepat kapan harus mengumpan dan kapan harus menendang.

  1. Meningkatkan kerja sama dan sosialisasi antar tim

Komunikasi sangat diperlukan antar pemain dalam permainan sepak bola. Karena dengan komunikasi, kerja sama akan terbentuk di dalam tim.

  1. Memperkuat mental

Dalam mengikuti sebuah kompetisi, ada kalanya anda menang dan juga kalah. Saat anda kalah, jangan berkecil hati, itu justru menjadi suatu pembelajaran untuk anda agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  1. Menjadi orang yang disiplin

Jika anda ingin menjadi pemain sepak bola, anda harus berusaha dengan cara berlatih secara rutin. Permainan sepak bola akan membuat anda menjadi lebih disiplin dalam berlatih.

  1. Meningkatkan rasa bersyukur kepada tuhan

Memenangkan sebuah pertandingan dalam bermain sepak bola akan membuat anda lebih merasa bersyukur atas kemenangan itu.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola adalah pemain memasukan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha menjaga gawang sendiri, agar tidak kebobolan/kemasukan bola dari lawan sehingga memenangkan pertandingan.

Berikut ini beberapa tujuan para pemain sepak bola dalam bermain:

  1. Menciptakan gol ke gawang lawan.
  2. Mencegah atau menghalau bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.
  3. Menjaga sportivitas antar pemain dan menciptakan permainan yang adil.
  4. Membangun kerjasama tim agar permainan solid.
  5. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan pemain.
  6. Meraih prestasi.

Teknik Dasar Sepak Bola

1. Menggiring Bola / Dribbling

Menggiring bola atau yang biasa disebut dengan dribbling adalah teknik menguasai bola dengan cara mendorong bola secara pelan sambil berlari ataupun berjalan. Teknik ini sangat diperlukan dalam permainan sepak bola, karena jika dribbling anda bagus, akan mempermudah untuk menerobos pertahanan lawan.

2. Menendang Bola / Shooting

Berikut adalah teknik dasar menendang bola:

  1. Menendang bola dengan kaki bagian luar, teknik ini biasanya digunakan saat freekick atau bola mati.
  2. Menendang bola dengan kaki bagian dalam, teknik ini biasanya digunakan saat jarak anda dekat dengan gawang dan pada saat bola sedang bergulir.
  3. Menendang bola dengan punggung kaki, teknik ini biasanya digunakan saat bola sedang melambung, bola mati, dan bola hidup atau bola sedang bergulir.

3. Mengumpan bola / passing

Mengumpan bola atau passing adalah  teknik mengoper atau memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lain dalam satu satu dalam permainan sepakbola.

Ada 3 teknik dalam mengumpan bola.

  1. Mengumpan bola dengan kaki bagian luar, teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
  2. Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, teknik ini juga digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
  3. Mengumpan bola dengan punggung kaki, teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak jauh.

4. Menghentikan bola / stopping

Teknik mengontrol dalam permainan sepak bola adalah teknik menghentikan bola agar bola dapat dikuasai dengan sempurna. Seorang pemain harus mempunyai teknik mengontrol ini dengan baik agar bola yang ia terima dari operan rekan setim tidak direbut oleh lawan.

Ada beberapa macam cara mengontrol bola dalam olahraga sepak bola, yaitu mengontrol bola dengan telapak kaki, mengontrol bola dengan paha, mengontrol bola dengan dada, mengontrol bola dengan kepala, dan sebagainya.

5. Menyundul bola / heading

Teknik menyundul bola adalah suatu sikap dan gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya bagian dahi dengan maksud yaitu untuk mengoper bola, cetak gol, dan mematahkan serangan lawan atau membuang bola, gerakan ini dapat dilakukan jika bola berada di udara atau melayang.

6. Menyapu bola / sliding tackle

Menyapu bola / Sliding tackle adalah teknik dalam permainan sepak bola yang dilakukan dengan meluncurkan tubuh kerumput demi merebut bola dari lawan. Tentunya teknik sliding tackle ini sangat berbahaya dan memiliki resiko yang tinggi.

Sebab jika timing anda pada saat melakukan sliding tackle tidak tepat walaupun sedikit saja, maka bisa menyebabkan cidera pada lawan dan anda bisa mendapatkan kartu kuning bahkan kartu merah. Ada peraturan yang tidak boleh dilakukan dalam sliding tackle, yaitu tidak boleh melakukan sliding tackle dari belakang, mengangkat kaki ke atas, dan menggunakan teknik menggunting.

7. Merebut bola / intercepting

Merebut bola atau intercepting adalah cara untuk menguasai bola dari kaki lawan. Perlu anda tahu, kelincahan, kecepatan , dan ketepatan sangat dibutuhkan dalam merebut bola. Jika anda kalah lincah dan cepat dari lawan, lawan bisa dengan mudah melewati anda.

8. Menangkap bola / goal keeping

Menangkap bola atau goal keeping adalah teknik dasar menangkap bola yang dilakukan oleh keeper/penjaga gawang untuk menyelamatkan gawang dari serangan lawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top