Materi IPS Kelas 8 Mengenal Negara-Negara ASEAN

A. LETAK GEOGRAFIS NEGARA – NEGARA ASEAN

 

Asia Tenggara merupakan bagian dari benua Asia yang terletak di bagian Tenggara.yang mencakup Indo Cina dan semenanjung.

Batas-batas kawasan Asia Tenggara sebagai berikut.

  • Utara : Negara Cina.
  • Selatan: Negara Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia.
  • Barat: Negara India, Bangladesh, dan Samudra Hindia.
  • Timur : Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM.)

Posisi dan letak geografis kawasan Asia Tenggara dapat digunakan untuk meninjau letak Asia Tenggara. Asia Tenggara adalah suatu kawasan yang terletak di sebelah tenggara Benua Asia. Luas wilayah daratan dari Asia Tenggara sekitar 4.817.000 km2, sedangkan perairan laut Asia Tenggara sekitar 5.060.100 km2.

POSISI DAN LETAK GEOGRAFIS KAWASAN ASIA TENGGARA

A. Posisi Geografis Kawasan Asia Tenggara

Posisi geografis adalah letak suatu kawasan berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis khayal yang sejajar dengan ekuator, yang melingkari permukaan bumi secara mendatar. Sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan antara Kutub Utara dan Kutub Selatan, serta membentuk setengah lingkaran bumi.

Berdasarkan garis lintang dan bujur, Asia Tenggara berada pada posisi 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Kawasan Asia Tenggara dilewati oleh garis khatulistiwa (ekuator) dan garis balik utara. Posisi geografis Asia Tenggara tersebut mempengaruhi iklim dan kegiatan ekonomi penduduk.

Negara yang terletak paling utara di Asia Tenggara adalah Myanmar, sedangkan yang terletak paling selatan adalah Indonesia. Negara paling barat di Asia Tenggara adalah juga Myanmar dan paling timur adalah juga Indonesia.

B. LETAK GEOGRAFIS KAWASAN ASIA TENGGARA

Letak geografis adalah letak suatu kawasan jika dilihat di permukaan bumi sebenarnya atau ditinjau dari kawasan sekitarnya. Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia serta terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Adapun batas-batas kawasan Asia Tenggara sebagai berikut..

Kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negara-negara barat dan timur sehingga kawasan ini sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

NEGARA – NEGARA DI ASIA TENGGARA

1.  INDONESIA

Deskripsi singkat tentang Indonesia:

a.  Ibukota : Jakarta

b.  Luas Wilayah : 1.904.569 km2

c.  Jumlah Penduduk : 253.609.643 jiwa

d.  Bahasa : Indonesia

e.  Mata Uang : Rupiah (IDR)

f.  Hari Kemerdekaan : 17 Agustus 1945

g.  Lagu Nasional : Indonesia Raya

KEADAAN ALAM INDONESIA

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 6 derajat garis lintang utara sampai 11 derajat garis lintang selatan, dan dari 97 derajat sampai 141 derajat garis bujur timur serta terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia/Oceania. Posisi strategis ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi. Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau itu digabungkan, maka luas Indonesia menjadi 1.9 juta mil persegi. Lima pulau besar di Indonesia adalah: Sumatera dengan luas 473.606 km persegi, Jawa dengan luas 132.107 km persegi, Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia) dengan luas 539.460 km persegi, Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi, dan Papua dengan luas 421.981 km persegi.

2.SINGAPURA

 Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia[4] dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

  •  Ibukota : Singapura
  • Luas Wilayah : 697 km2\
  • Jumlah Penduduk : 5.567.301 jiwa
  • Bahasa : Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil
  • Mata Uang : Dolar Singapura (SGD)
  • Hari Kemerdekaan : 9 Agustus 1965 (dari Federasi Malaysia)
  • Lagu Nasional : Majulah Singapura

KEGIATAN EKONOMI

Singapura memiliki ekonomi pasar yang sangat maju, yang secara historis berputar di sekitar perdagangan entrepôt. Bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan, Singapura adalah satu dari Empat Macan Asia. Ekonominya sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor, khususnya di bidang manufaktur yang mewakili 26% PDB Singapura tahun 2005 dan meliputi sektor elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik dan ilmu biomedis. Tahun 2006, Singapura memproduksi sekitar 10% keluaran wafer dunia. Singapura memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia setelah London, New York dan Tokyo. Bank Dunia menempatkan Singapura pada peringkat hub logistik teratas dunia.

3. MALAYSIA

  •  Ibukota : Kuala Lumpur
  • Luas Wilayah : 329.847 km2
  • Jumlah Penduduk : 30.073.353 jiwa
  • Bahasa : Melayu
  • Mata Uang : Ringgit (MYR)
  • Hari Kemerdekaan : 31 Agustus 1957 (dari Inggris)
  • Lagu Nasional : Negaraku

KEADAAN ALAM MALAYSIA

Luas keseluruhan wilayah Malaysia kurang lebih sekitar 330. 434 km2. Wilayah negara Malaysia terbagi atas :

a.Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

b.Wilayah Malaysia bagian barat adalah semenanjung Malaka yang terdiri atas sebelas negara bagian

c. Wilayah Malaisia bagian Timur terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan. Wilayah ini terdapat dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah.

d.Di Semenanjung Malakaterdapat pegunungan dengan puncaknya yang tinggi adalah Gunung Tahan (2.190 mdpl).

e.Di wilayah Timur terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tinggi adalah Gunung Kinabalu (4.101 mdpl)

4. THAILAND

a.Ibukota : Bangkok

b.Luas Wilayah : 513.120 km2

c. Jumlah Penduduk : 67.741.401 jiwa

d.Bahasa : Thai

e.Mata Uang : Baht (THB)

f. Hari Kemerdekaan : – (tidak pernah dijajah oleh Negara lain)

g.Lagu Nasional : Phleng Chat Thai (National Anthem of Thailand)

KEADAAN ALAM

Luas negara Thailand (Muangthai) lebih kurang 513.118 km2. Wilayah negara Thailand terbagi menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut :

  • Dataran rendah di bagian tegah dialiri sungai Chao-Phraya. Daerah ini sangat subur di Thailand.
  • Daerah pegunnnungan di bagian utara dan barat. Puncaknya yang tinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.594 mdpl)
  • Pegunungan kapur di bagian timur
  • Semenanjung Thailand Selatan yang berupa bukit renadah yang meluas sampai keperbatasan dengan Malaysia.

BENTUK PEMERINTAHAN THAILAND

Bentuk pemerintahan negara Thailand adalah monarki konstitusional. Ibu kota negara Thailand adalah Bangkok. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang negara Thailand adalah Bhat. Lagu kebangsaannya adalah “Phleng Chat”. Thailand merupakan satu-satunya negara aia tenggara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa manapun.

 KEGIATAN EKONOMI THAILAND

Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutaan, pertambangan dan industri. Hasil pertanian yang terbesar negara Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia tenggara. Hasil hutannya adalah kayu jati. Sektor pertambangannya menghasilkan timah dan mangan. Industri Thailand menghasilkan Tekstil, semen, dan baang elektronik. Penghasilan evisa utama negara Thailand berasal dari industri pariwisata

5.MYANMAR

Perubahan nama dari “Birma” menjadi “Myanmar” dilakukan oleh pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989. Junta militer mengubah nama Birma menjadi Myanmar agar etnis non-Birma merasa menjadi bagian dari negara. Myanmar adalah salah satu negara yang mempelopori terbentuknya Konferensi Asia Afrika yang pertama kali diadakan di Bandung, Indonesia.

  • ibukota : Rangoon (Yangon)
  • Luas Wilayah : 676.578 km2
  • Jumlah Penduduk : 55.746.253 jiwa
  • Bahasa Resmi : Myanmar
  • .Mata Uang : Kyat Myanmar (MMK)
  • .Hari Kemerdekaan : 4 Januari 1948 (dari Inggris)
  • Lagu Nasional : Kaba Ma Kyei (Till the End of the World, Myanmar)

KEADAAN ALAM MYANMAR

Dulu negara ini di kenal dengan nama burma. Pada tahun 1989 pemertintahan militer mengganti negara ini menjadi myanmar. Luas negara ini kurang lebih 676.578 km2. Bagian selatan myanmar terdapat pada garis pantai sepanjang teluk benggala dan laut andaman. Di bagian utara yang berbatasan dengan india dan cina merupakan peggunungan yang tinggi. Pegunungan ini merupakan bagian dari peggunungan Himalaya. Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan antara myanmar dan thailand. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang di aliri sungai riawadi. Seperti thailand, myanmar memiliki tiga musim utama yakni, musim dingin(oktober-febuari), musim panas(maret-juni), dan musim hujan(juni-september).

BENTUK PEMERINTAHAN

Myanmar menganut sistem pemeritahan presidensial. Namun di Myanmar sering terjadi kudeta yang dipimpin oleh militer/pemerintahan Junta. Pemerintah junta juga mengubah nama Rangoon menjadi Yangon. Pada tanggal 7 November 2005, pemerintah membangun ibu kota baru, bernama Naypyidaw. Myanmar dibagi menjadi tujuh negara bagian (pyine) dan tujuh region, yang sebelum Oktober 2010 disebut “divisi” (yin)

6.KAMBOJA

  •  Ibukota : Phnom Penh
  • Luas Wilayah : 181.035 km2
  •  Jumlah Penduduk : 15.458.332 jiwa
  • Bahasa Resmi : Khmer
  •  Mata Uang : Riel Kamboja (KHR)
  • Hari Kemerdekaan : 9 Nopember 1953 (dari Prancis)
  •  Lagu Nasional : Nokoreach (Royal Kingdom)

KEADAAN ALAM  KAMBOJA     

Luas wilayah kambija kurang lebih 181.035 km2. Negara Kamboja terletak di Semenanjung Indo Cina. Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Pegunungan Cardamon panjangnya 160 km dan melintasi perbatasan dengan thailand. Tinggi puncak Pengunungan Cardamon adalah 1.813 mdpl. Di bagian barat laut terdapat danau tonie Sap. Sungai tonie sap beruara di Danau Tonie Sap. Kamboja beriklim tropis.

BENTUK PEMERINTAHAN

Kerajaan Kamboja atau Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional. Raja Kamboja menjabat Kepala Negara menjabat sebagai Kepala Negara, tetapi tidak memerintah. Pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri dengan dibantu oleh para menteri yang tergabung dalam Dewan Menteri (Council of Minister ).

KEGIATAN EKONOMI KAMBOJA

Mata pencarian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. Perekonomian di Kamboja ditopang oleh sektor pertanian. Sekitar 80% lahan pertanian ditanami padi. Daerah penanaman padi berada di dataran besar Tonle ap dan sekitar Sungai Mekong. Hasil pertanian lainnya mmeliputi karet, umbi-umbian, jagung, buncis, dan tembakau. Kegiatan industri meliputi industri semen dan pengolahan karet.

7. LAOS

Dari abad ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang atau “Negeri Seribu Gajah”.

  • 1Ibukota : Vientiane
  • Luas Wilayah : 236.800 km2
  • Jumlah Penduduk : 6.803.699 jiwa
  • Bahasa Resmi : Lao
  • Mata Uang : Kip Laos (LAK)
  • Hari Kemerdekaan : 19 Juli 1949 (dari Prancis)
  • Lagu Nasional : Pheng Xat Lao (Hymn of the Lao People)

KEADAAN ALAM

Laos terletak di semenanjung indocina. Luas negara laos sekitar 236.800 km2. Negara laos di kelilingi pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah utara yang membentang di sepanjang batas timur. Puncaknya adalah gunung Bia. Sungai mekong merupakan sungai penting di laos. Sungai mekong mengalir dari barat daya ke arah tenggara di sepanjang perbatasan dengan negara thailand. Sungai mekong juga di manfaatkan sebagai sarana transportasi. Negara ini memiki iklim musim. Laos merupakan satu satunya negara di kawasan asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. Negara ini populer dengan sebutan the land locked country, yaitu tanah yang terkunci karena terkeepung oleh 5 negara.

8.VIETNAM

Vietnam adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan. Vietnam adalah saah satu negara bekas jajahan Perancis. Pada saat Perang Dingin, Vietnam juga terkena dampaknya. Vietnam pernah terpecah menjadi dua yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

1.Ibukota : Hanoi

2.Luas Wilayah : 331.210 km2

3.Jumlah Penduduk : 93.421.835 jiwa

4.Bahasa Resmi : Vietnam

5.Mata Uang   : Dong (VND)

6.Hari Kemerdekaan : 2 September 1945 (dari Prancis)

7.Lagu Nasional : Tien quan ca (The Song of the Marching Troops)

KEADAAN ALAM

Negara vietnam terletak di semenanjung Indocina. Negara vietnam meliputi seluruh pantai semenanjung indocina. Luas vietnam kurang lebih 331.689 Km2. Wilayah vietnam dapat di bagi menjadi daerah-daerah sebagai berikut :

§ Pegunungan utara terletak di bagian barat laut. Puncak tertingginya adalah Van-Si-Pan (3.143 mdpl)

§ Delta sungai merah membentang dari pegunungan utara sampai teluk tonkin. Wilayah ini merupakan daerah pertanian.

§ Peggunungan annam merupakan rangkaian pegunungan di wilayah barat dari pegungunggan utara sampai 80 km di utara di Ho Chi Minh City.

§ Dataran pantai meliputi wilayah timur, dan bagian tengah, membentang dari Delta dari sungai Merah sampai

§ Sungai Mekong. Delta mekong terbentuk oleh Sungai Mekong. Sungai mekong merupakan sungai yang sering di landa banjir setiap tahunnya. Vietnam beriklim teropis musim

9.BRUNAI DARUSSALAM

  • Ibukota : Bandar Seri Begawan
  • Luas Wilayah : 5.765 km2
  • Jumlah Penduduk : 422.675 jiwa
  • Bahasa Resmi : Melayu
  • Mata Uang : Dolar Brunei (BND)
  • Hari Kemerdekaan : 1 Januari 1984 (dari Inggris)
  • Lagu Nasional : Allah Peliharakan Sultan

KEADAAN ALAM

Brunei Darussalam terletak di Kalimantan Utara. Luas wilayah kurang bih 5.765 km2. Luas wlayah tergolong kecil, sebanding dengan luas wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Negara brunei Darussalam dibagi atas dua wilayah, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah barat brunei Darussalam merupakan daerah dataran rendah dengan rawa-rawa, namun pedalamannya sedikit berbukit-bukit. Adapun wilayah rimur merupakan daerah berbukit-bukit. Ketinggian gunung Pagon di Brunei Darusalam mencapai 1.850 km2.

BENTUK PEMERINTAHAN

Kerajaan Brunei Darussalam adalah negara yang memiliki corak pemerintahan monarki absolut dengan Sultan yang menjabat sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, merangkap seagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan dengan dibantu oleh Dewan Penasihat Kesultanan dan beberapa Menteri. Sultan Hassanal Bolkiah yang gelarnya diturunkan dalam wangsa yang sama sejak abad ke-15, ialah kepala negara serta pemerintahan Brunei

KEGIATAN EKONOMI

Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju. Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat

10. FILIPHINA                                                                                                     

Negara ini terdiri dari 7.107 pulau, antara lain : yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Armada Spanyol pertama kali sampai Filipina dipimpin oleh Ferdinand Magelhand. Kemudian dimulailah penjajahan Spanyol di Filipina. Sepanjang masa 265 tahun, Filipina merupakan koloni Kerajaan Spanyol (1565-1821), dan selama 77 tahun berikutnya diangkat menjadi provinsi Spanyol (1821-1898). Negara ini mendapat nama Filipina setelah diperintah oleh penguasa Spanyol, Raja Felipe II. Setelah Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898, Filipina diperintah Amerika Serikat. Ia kemudian menjadi sebuah persemakmuran di bawah Amerika Serikat sejak tahun 1935. Periode Persemakmuran dipotong Perang Dunia II saat Filipina berada di bawah pendudukan Jepang. Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaannya (de facto) pada 4 Juli 1946

  • Ibukota : Manila
  • Luas Wilayah : 300.000 km2
  • Jumlah Penduduk : 107.668.231 jiwa
  • Bahasa : Filipino (Tagalog) dan Inggris
  • Mata Uang : Peso (PHP)
  • Hari Kemerdekaan : 12 Juni 1898 (dari Spanyol)
  • Lagu Nasional : Lupang Hinirang (Chosen Land)

KEADAAN ALAM  FILIPHINA        

Luas wilayah Filipina kurang lebih 300.000 km2. Filipina merupakan negara kepulauan, jumlah pendduknya kurang lebih 7.100 buah. Pulau Lauzon dan Pulau Mindanao adalah pulau-pulau terbesar negara Filipina kepulauan Filipina termasuk daerah pegunungan Lipatan pasifik. Filipina memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzn adalah Gunung Mayon (2.421 mdpl) dan gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (1.954 mdpl)

BENTUK PEMERINTAHAN

Pemerintah Filipina mengikuti Pemerintah Amerika Serikat. Dia ditata sebagai sebuah republik, di mana Presiden berfungsi sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, dan Panglima Tertinggi angkatan bersenjata. Presiden dipilih dalam pemilu untuk masa jabatan 6 tahun,

Kegiatan Ekonomi

Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian, mata pencaharian lainnya adlaah yaitu di bidang pertambangan dan perindustrian, hasil pertanian Filipina antara lain padi, kelapa, serat abaka, nanas dan gula. Negara ini dijuluki “Home of the green Revolution” (Rumah Revolusi Hijau). Revolusi hjau adalah gerakan perubahan dalam sistem pertanian agar mengasilkan padi yang berkualitas tinggi dalam waktu Yang cepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top